Selasa, 10 November 2020

Renungan Rohani Kristen Karena Kita Telah Ditebus


RENUNGAN HARIAN
Karena Kita Telah Ditebus

Bacaan: 1 Petrus 1:13-25
"Sebab kamu tahu, bahwa kamu sudah ditebus berasal dari cara hidupmu yang percuma yang kamu warisi berasal dari nenek moyangmu itu bukan dengan barang yang fana, bukan pula dengan perak atau emas, melainkan dengan darah yang mahal, yakni darah Kristus yang sama layaknya darah anak domba yang tak bernoda dan tak bercacat."
1 Petrus 1:18-19
Setiap kita yang hidup di bumi ini pasti dulu melaksanakan kekeliruan sebab tidak ada seorang pun manusia yang mampu luput berasal dari dosa. Baik itu dosa dalam pikiran, perkataan maupun perbuatan. Ketika kita melaksanakan suatu kekeliruan atau tindakan yang tidak senang di hadapanNya baik secara sengaja maupun tidak disengaja artinya kita sudah melaksanakan tingkah laku dosa. Dosa yang kita melaksanakan tanpa kita mengerti justru mampu menyakiti diri sendiri, orang lain bahkan Tuhan.
via achristianpilgrim.wordpress.com
Karena dosa yang sudah diperbuat manusia, interaksi manusia dengan Allah jadi rusak bahkan banyak manusia kehilangan kasih Allah sebab upah dosa ialah maut. Namun, sebab kasihNya, Ia tidak menghendaki kita jatuh ke dalam maut sehingga Ia memberi tambahan anakNya yang tunggal untuk mati di kayu salib sehingga dosa kita mampu ditebus olehNya.
Dosa kita sudah ditebus olehNya bukan dengan barang fana maupun emas dan perak tetapi oleh darah yang mahal yang ga ada noda dan cacat. Ia membayar dengan harga yang mahal sehingga kita tidak jatuh ke dalam maut sehingga kita mampu hidup dengan denganNya. Karena kita sudah ditebus olehNya banyak berkenaan yang mesti kita mengerti dan kita melaksanakan dalam hidup kita seperti:
1. Hidup kudus di hadapanNya

Salah satu bukti bahwa kita sudah ditebus olehnya yakni dengan hidup kudus di hadapanNya. 1 Petrus 1:14-15 "Hiduplah sebagai anak-anak yang taat dan jangan turuti hawa nafsu yang menguasai kamu pada waktu kebodohanmu, tetapi hendaklah kamu jadi kudus di dalam seluruh hidupmu sama layaknya Dia yang kudus, yang sudah memanggil kamu,"
Cara sehingga hidup kita kudus dihadapanNya yakni dengan hidup taat seturut dengan kehendakNya. Mintalah hikmat dan bimbingan berasal dari padaNya sehingga kita mengerti mana yang boleh dilaksanakan dan tidak boleh dilaksanakan dan terhitung manakah sikap dan tingkah laku kita yang senang di hadapanNya.
2. Takut bakal Allah

1 Petrus 1:17 "Dan kalau kamu menyebut-Nya Bapa, yakni Dia yang tanpa memandang wajah menghakimi seluruh orang menurut perbuatannya, maka hendaklah kamu hidup dalam kegalauan sepanjang kamu menumpang di dunia ini." Ketika kita punyai sikap kuatir bakal Allah maka kita tidak bakal jatuh ke dalam dosa sebab kita bakal mendengar apa yang Ia menghendaki dalam kehidupan kita.
3. Mengasihi sesama

Dalam 1 Petrus 1:22 disebutkan bahwa tidak benar satu bukti kita sudah ditebus olehNya yakni dengan mengamalkan kasih persaudaraan dengan mengasihi sesama dengan swgenap hati. Mengasihi sesama mesti kita memperlihatkan lewat sikap dan tingkah laku kita tidak cuma terucap berasal dari bibir saja.
4. Menjadi manusia baru

Hal paling akhir yang mesti dilaksanakan sebab kita sudah ditebus oleh darahNya yang kudus yakni dengan jadi manusia baru. Ketika kita sudah ditebusNya, kita tidak lagi hidup berasal dari benih yang fana melainkan berasal dari benih yang tidak fana oleh Firman Allah yang hidup dan kekal.
Karena dosa kita sudah ditebus olehNya dengan darah yang mahal, marilah kita hidup seturut dengan kehendakNya sehingga kita mampu selalu beroleh kasihNya. Karena pada waktu ini kita merupakan manusia baru yang hidup oleh sebab Firman Allah marilah kita hidup dengan memberi tambahan kasih dan berkat bagi sesama. Tuhan Yesus memberkati.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar