Sabtu, 10 Oktober 2020

Cara Supaya Kita Disertai Roh Kudus Dalam Kristen


Roh Kudus merupakan kuasa Allah yang bekerja di didalam diri masing-masing umatNya. Roh Kudus yang dikirimkan Allah ke didalam diri manusia akan memampukan manusia untuk hidup seturut bersama dengan bersama dengan kehendakNya.
Penyertaan Roh Kudus
Kata Roh yang terkandung di didalam Alkitab diterjemahkan berasal dari bahasa Ibrani ru’akh dan kata Yunani pneu’ma. Roh Kudus yang bertujuan di didalam Alkitab punya makna sebagai nafas, angin, penggerak kehidupan, sikap atau sifat seseorang, pribadi Roh juga Allah dan malaikat. Hal-hal yang telah disebutkan itu punya kemiripan yakni sebagai sesuatu yang tidak keluar dan mampu membuahkan sesuatu yang keluar oleh mata manusia.
Roh Kudus
hearthymn.com
Di didalam Alkitab, Roh Kudus juga disebut sebagai tangan atau jari Allah. Hal ini sama seperti seorang pengrajin yang menggunakan tangan dan jarinya untuk bekerja dan membuahkan sesuatu yang indah. Roh Kudus pun demikian. Allah menggunakan Roh KudusNya untuk membuahkan alam semesta, Alkitab dan juga mukjizat.
Ketika Allah mengirimkan Roh Kudus kepada manusia yang pertama kali dijalankan pada hari Pentakosta, terkandung lebih dari satu perihal perlu yang dinyatakan. Ada pun perihal perlu selanjutnya pada lain:
1. Roh Kudus akan menyertai selama-lamanya
Roh Kudus yang dikirimkan kepada kita akan menyertai kita selama-lamanya. Makna selama-lamanya artinya bukan cuma waktu ini namun selama-lamanya punya kadar makna “kekal” yang artinya sehabis meninggal pun Roh Kudus akan menyertai kita. Roh Kudus yang enyertai kita berupa kekal sebab Roh Kudus bukanlah sesuatu yang bernyawa seperti manusia namun Roh Kudus merupakan “sesuatu” yang keluar berasal dari Bapa dan diutus oleh Allah untuk mendampingi manusia.
2. Roh Kudus tinggal di didalam diri kita
Roh Kudus bukan cuma sesekali datang dan datang ke didalam diri kita namun justru Ia tinggal di didalam diri kita. Ia ada di didalam diri masing-masing orang yang telah lahir baru dan terima Kristus sebgai Tuhan dan Juruselamat pribadi. Karena Roh Kudus tinggal di didalam diri kita, Ia mengetahui masing-masing perkataan maupun tindakan yang kita perbuat. Ia bahkan mengetahui ketka kita sedang ada di didalam kesulitan, kesedihan, kesepian dan perasaan yang ada didalam diri kita. Jika kita berbuat dosa atau melakukan tindakan yang tidak diharapkan oleh Allah, Ia akan jadi sedih.
Roh Kudus tinggal di didalam diri kita bukanlah tanpa sebab. Ia dikirimkan oleh Allah untuk menuntun masing-masing langkah kehidupan kita. Roh Kudus akan menuntun dan memampukan kita untuk hidup seturut bersama dengan bersama dengan Allah. Ia akan memperingatkan kita jika tingkah laku yang akan kita melakukan merupakan tingkah laku yang tidak baik. Ia juga akan menghibur kita waktu kita sedang sedang dan menolong kita jika kita sedang didalam kesulitan.
3. Roh Kudus cuma memimpin anak-anak Allah
Di didalam Roma 8:14-16 dikatakan bahwa Allah akan memimpin orang yang merupakan anak-anakNya. Roh Kudus yang dikirimkan oleh Allah pun demikian. Ia ahanya akan memimpin hidup anak-anak Allah saja. Oleh sebab itu, sebagai anak-anak Allah tentunya hidup kita telah dipimpin oleh Roh Kudus.
4. Roh Kudus memicu kita berbeda
Tanpa kita sadari, penyertaan Roh Kudus yang ada di didalam diri kita memicu kita tidak sama berasal dari yang lain. Kita jadi tidak sama sebab kita tidak sama bersama dengan bersama dengan dunia ini lagi. PenyertaanNya memicu saya dan saudara tidak sama bersama dengan bersama dengan yang lainnya.
5. Roh Kudus mendambakan berdaulat atas kita
Roh Kudus yang ada di didalam diri kita akan tetap memimpin kehidupan kita. Dimana Allah ada maka disitu pula kuasa Allah akan berdaulat. Begitu pun bersama dengan bersama dengan Roh Kudus. Ketika Roh Kuds datang di didalam hidup kita, biarlah Ia berdaulat atas hidup kita. Roh Kudus bukanlah pembantu melainkan Allah itu sendiri. Roh Kudus tidak mampu kitar atur keberadaannya dan tidak mampu kita “pergunakan” begitu saja. Oleh sebab itu, biarlah Roh Kudus memimpin kehidupan kita dan biarlah Ia yang berdaulat atas hidup kita.
Cara Agar Kita Disertai Oleh Roh Kudus
Ada bebrbagai langkah yang mampu kita melakukan agar hidup kita dipenuhi oleh Roh Kudus. Ada yang menyatakan hidup kita akan dipenuhi Roh Kudus waktu waktu bertobat dan kembali ke jalanNya yang benar. Ada pula yang menyatakan bahwa kita akan disertai oleh Roh Kudus waktu kita yakin kepadaNya. Ada pula yang menyatakan bahwa seseorang  akan disertai oleh Roh Kudus pada waktu ia mengalami peristiwa tertentu didalam kehidupannya seperti pada waktu pembabtisan. Lalu bagaimana kita mampu tetap disertai oleh Roh Kudus? Ada bebebrapa langkah yang mampu dilakukan, adalah bersama dengan bersama dengan membangun Iman. Membangun iman artinya kamu terhubung pikiran, hatii dan pendengaran agar kamu akan mendapatkan jawaban atas apa yang kamu acuhkan dan ada di didalam hati anda. Berikut ini merupakan langkah yang dapay dilakukan:
1. Membuka pikiran
Membangun Iman artinya terhubung asumsi kamu pada apa yang ada di lebih kurang anda. Jika kamu mendambakan disertai oleh Roh Kudus, kamu harus mengakui bahwa masih banyak yang harus dipelajari dan dilakukan. Membuka asumsi akan memicu kamu terima segala kemungkinan. Kemungkinan yang berjalan itu mampu membangun iman kamu kepadaNya agar jadi iman kamu bertumbuh makan Roh Kudus akan tetap rela menyertai saudara.
2. Membuka hati
Membuka hati artinya kamu meu terima Kedatangan Roh Kudus di didalam hidup anda. Anda tidak akan mampu menyesuaikan Allah agar Ia membentuk diri anda, namun tentunya Ia mampu menunjukan caranya kepada Anda. Oleh sebab itu, bukalah hati kamu agar Roh Kudus datang dan menyertai hidup anda. Jika kamu tetap menutup hati bagaimana mampu Ia menyertai anda?
3. Memakai akal budi yang dimiliki
Allah memberi tambahan akal budi kepada manusia agar manusia mampu menafsirkan Fiman Allah yang dibacanya. Akal budi yang ada di didalam diri manusia juga memampukan manusia untuk pilih mana yang benar dan mana yang salah. Oleh sebab itu, waktu orang lain bicara jika kamu mendambakan disertai oleh Roh Kuds, kamu harus mampu berbahasa Roh haruskah kamu mempercayainya? Oleh sebab itu gunakanlah Akal budi yang dimiliki dan menghendaki hikmat kepadaNya agar kamu mengetahui apakah kamu telah disertai oleh Roh Kudus atau belum.
4. Menemukan jawaban
Ketika kamu telah terhubung asumsi dan juga hati kamu maka kamu akan mendapatkan jawaban atas apa yang kamu butuhkan. Hal ini akan memicu iman kamu bertumbuh dan hati kamu akan terbuka untuk masuknya Roh Kudus. Allah telah memenuhi saya dananda bersama dengan bersama dengan ilmu dan waktu pandangan kamu cuma terarah padaNya maka kamu mendapatkan apa yang sebenarnya kamu cari. Allah tidak akan membebaskan kamu tersesat agar Ia mengirimkan Roh Kudus untuk menyertai hidup anda. Oleh sebab itu, bangunlah iman kamu agar kamu tetap disertai Roh Kudus.
Roh Kudus merupakan Roh yang Allah berikan kepada masing-masing manusia. Roh Kudus akan memampukan kita untuk hidup seturuh bersama dengan bersama dengan kehendakNya. Ia akan tetap ada didalam diri anak-anak yang yakin kepada Allah. Oleh sebab itu, agar hidup kita tetap disertai oleh Roh Kudus kita harus membangun iman kita. Kita harus terhubung asumsi dan juga hati, menggunakan akal budi yang telah Allah berikan agar kita mendapatkan jawabannya. Kiranya hidup kita tetap disertai oleh Roh Kudus. Semoga artikel ini mampu berfungsi bagi kita semua.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar